Label

Senin, 16 Januari 2012

Jenis -jenis desain


          Beberapa jenis desain yang sedikitnya saia ketahui adalah sebagai berikut:

1. Drafter
2. Editor
3. Layouter
4. Art Director
5. Photographer
6. Animator
7. Visualisator
8. Video Editor
9. Integrated Desainer
          Dan dari berbagai jenis-jenis yang saia sebutkan tentunya memiliki pengertian yang berbeda-beda, ya!

Drafter merupakan jenis desainer khusus untuk membuat arsitektur dan rancang bangun yang simetris dan digunakan untuk membuat suatu desain yang memerlukan ketelitian tinggi. Tentunya Drafter harus memiliki keahlian dalam penggunaan Software Autocad, 3D max, Archicad.

Editor merupakan desainer khusus untuk membuat kover, sampul, baner dan lain sebagainya. Dan juga dapat membuat desain-desain semisal Kartu undangan, Cover CD, Logo dan lain sebagainya. tentu saja hal ini memerlukan keahlian penggunaan software photoshop, corel, paint, dll.

Layouter desainer khusus untuk membuat majalah, koran, catalogue dan lain sebagainya, harus memiliki kemampuan / feel untuk tata letak agar tampilan enak dilihat.Adobe Page Maker, InDesign adalah beberapa apikasi yang harus di kuasai oleh Layouter.

Art Desain merupakan karya seni dari komputer yang dapat digunakan untuk visual effect atau hanya hiasan saja. memerlukan kreativitas tinggi untuk membuat karya agung. software yang diperlukan adalah photoshop, coreldraw, photopaint.

Photographer selain melakukan pengeditan photo, desainer ini juga merangkap sebagai fotografer. harus memiliki talenta khas fotografer, dan dapat melakukan pengeditan photo berdasar event yang diperlukan. Sangat membutuhkan intelegensi dan kreativitas tinggi.

Animator bekerja dalam motion grafik, iklan atau film fantasi. harus memiliki daya tahan tinggi, pengetahuan tinggi, pengalaman dan harus menguasai macromedia flash, after effect, corel rave, 3D Maya, dll.

Visualisator adalah desainer khusus untuk memberikan gambaran khusus pada suatu karya dalam bentuk real, dan harus memiliki kemampuan otak kanan yang cukup tinggi. software yang harus dikuasai adalah sebagai berikut : 3d Max, Autocad, Swift 3d, Digital Clay.


Video Editor adalah desainer khusus untuk video atau film dan juga merangkap sebagai video shooter, harus memiliki imajinasi tinggi, dan harus menguasai adobe after effect, 3d maya, Adobe premiere, dll. sangat dibutuhkan dalam dunia perfilman.

Integrated Desainer adalah desainer khusus yang memerlukan integrasisemisal pembuatan CD Interaktif, game, web. Diperlukan penguasaan di berbagai penguasaan elemen multimedia. Sangat diperlukan dalam Industri informatika.

Dari pengertian itu kita akan mengetahui terletak dimana kah model desain yang kita kuasai. Semoga artikel ini bermanfaat yaa.....
Jangan berhenti untuk belajar, oke. chiiaayyoooooo........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar